Kamis, 12 September 2013

Membuat Naskah Drama


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana langkah-langkah membuat naskah drama, seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam pementasan suatu drama tidak akan sukses tanpa ada naskah terlebih dahulu untuk bahan latihan, dan tolak ukur pembicaraan dalam dialog nanti.
Membuat naskah drama itu tidaklah mudah tetapi jika kita sudah tahu caranya itu mudah. Sebelum kita  membuatan naskah drama ada hal-hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu, sbb:

1. Tentukan orang-orang yang akan bergabung dalam drama tersebut
 Sebelum mempersiapkan yang lainnya, tentu saja suatu kelompok drama harus menentukan siapa saja orang yang akan bergabung dalam drama tersebut.

2. Tentukan setiap tokoh beserta perannya masing-masing
Dalam suatu drama tentu akan ada tokoh dan apa yang diperankannya masing-masing, sebelum membuat naskah sebaiknya terlebih dahulu diperbincangkan dengan kelompok kamu untuk menentukan siapa saja yang menjadi tokoh si A dan siapa yang menjadi tokoh si B, hal ini bertujuan agar pada saat nanti memudahkan penulisan dalam mengarang dialog antar tokoh yang akan diperankan.

3. Usahakan naskah drama dibuat oleh 2 orang atau lebih dalam satu kelompok

Untuk mempermudah dalam menciptakan adegan-adegan maupun dialog yang menarik dan segar maka diperlukan komunikasi antar orang dalam kelompok, hal ini bertujuan agar dapat menciptakan peran yang pas dan serasi dengan karakter orang yang memerankannya.


Setelah melalui 3 proses diatas, sekarang kita akan masuk ke sesi pembuatan naskah:
Sesuai dengan judul diatas yaitu membuat naskah drama , sekarang kita mulai langkah-langkah pembuatannya, yaitu:

1. Tentukan Tema
Tema dalam drama banyak sekali, bisa percintaan, pertemanan, keadilan, sosial, kehidupan keluarga, ekonomi dll.

2. Tentukan judul
Judul dapat dibuat manakala temanya sudah ditentukan, contoh kita menentukan tema percintaan maka judulnya bisa " bidadari hati", " sahabatku cintaku", " cintaku setinggi awan" dll.

3. Buatlah rancangan jalan cerita
Jalan cerita yang akan kita buat harus terfokus pada judul dan tema diatas, dengan menentukan unsur intrinsiknya, maka jalan cerita kita buat dengan alur yang runtut dan padu. Pertama kita buat awal kisah perjalanan kehidupan didalam drama tersebut bagaimana sampai klimaks dan akhirnya penutup.
Contoh awal cerita: ( Diceritakan ayu adalah seorang anak desa yang cantik dan pintar ......dst )

4. Sisipkan faktor-fakor penting dalam naskah drama yaitu: Krama agung, dan monolog.

Krama agung berarti kata keterangan yang ditulis diakhir dialog tokoh, yang berada didalam kurung dan itu merupakan tanda keterangan tokoh tersebut. Contoh:
Andi: Aduh bingung nih besok kan ulangan mana belum belajar lagi ( sambil berjalan bolak-balik)
Nah, kata didalam kurung disebut krama agung.

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca sekalian................Good job.........


0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut