Kamis, 12 September 2013

Inspirasi Bisnis Untuk Para Pelajar


Bisnis kadang tidak harus dilakukan oleh seseorang yang sudah berkeluarga ataupun untuk para dewasa semata tetapi bisnis dapat dimulai dari sejak kecil, seperti yang saya lakukan sekarang saya masih duduk dibangku sekolahan kelas 3 SMA, saya mulai mempunyai jiwa enterpreuner sejak kelas 4 SD.

Dulu saya ketika berangkat sekolah selalu membawa barang dagangan yaitu sirup dan keripik singkong buatan kakak saya. Setiap hari saya jualan, bukan berarti saya tidak mampu membiayai kehidupan justru ayah saya juga menjadi seorang kepala sekolah disekolah saya itu, tapi karena jiwa enterpreuner saya mau menjajakan jualan disekolah.

Berlanjut ke SMP saya mulai meninggalkan jualan sirup dan kripik singkong, saya mulai merintis bisnis baru yaitu jualan pulsa dan kartu perdana. Beberapa minggu saya jalani dan hasilnya nol sampai saya bangkrut, terus sampai saya mencoba membuka warung dikamar saya sendiri dirubah menjadi warung jajanan dan bahan pokok. Masih ingat waktu itu saya menanam modal hanya 75 ribu dan sampai beberapa bulan sampai pesat, namun akhirnya barang dagangan saya dipakai untuk kebutuhan keluarga sampai akhirnya bangkrut.

Namun setelah saya masuk ke SMA saya mulai lagi merintis bisnis Jual pulsa dengan sistem KPK ( Kios Pulsa Keliling ), sistem ini saya terapkan kewilayah kampung-kampung dan disekolah juga, dan alhamdulilah hasilnya lumayan menguntungkan untuk 3 minggu saya mendapatkan laba bersih 500rbu lumayan masuk saku.

Dan ini beberapa tips memulai suatu bisnis untuk para pelajar :

1. Mulai bisnis yang dirintis dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh dengan niat belajar.
2. Modal tidak harus besar asal tekun dan disiplin dalam mengelola keuangan.
3. Jadikan tantangan sebagai kesempatan dan pantang menyerah
4. Buatlah bisnis anda sebagai sarana kehidupan anda yang nyaman, jangan bisnis dijadikan beban tetapi bisnis itu jadikanlah hal yang menyenangkan.
5. Harus bisa membagi waktu untuk belajar dan berbisnis
6. Tinggalkanlah rasa gengsi secepatnya, karena salah satu dari penyebab kegagalan suatu bisnis adalah adanya rasa gengsi tersebut, jadikan sarana bisnis untuk lebih mengenal dunia luar dan dengan berbisnis kita bisa lebih dekat dengan orang-orang karena seringnya berinteraksi, jadi jadikanlah bisnis is fun for life.
7. Setelah berusaha tak akan sempurna tanpa do'a dan tawakal karna rezeki diatur oleh Allah SWT.

Selamat berbisnis !

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut